Kamis, 21 Februari 2013

Pengertian dan Modal dasar untuk menjadi seorang marketing yang handal

Marketing atau sering kita sebut sebagai penjual yang kata lain sering kita dengar adalah SPG (Sales Promotion Girl) sebutan bagi kaum wanita,sedangkan untuk sebutan bagi kaum pria adalah SPB (Sales Promotion Boy) yang bertugas sebagai seorang penjual yang menawarkan produk yg di miliki oleh sebuah perusahaan. Di sini saya ingin menjelaskan bahwa sebagian banyak orang masih beranggapan bahwa pekerjaan menjadi seorang Marketing adalah pekerjaan yang sia-sia atau pekerjaan yang tidak mempunyai keberhasilan.Tetapi di sebagian lagi banyak orang yg tahu dan berlomba-lomba untuk mencari pekerjaan itu karena orang terkaya di dunia ini adalah seorang penjual!!Dan saya sangat setuju dan sependapat.

Tetapi di saat orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang marketing dan setelah menduduki gelar tersebut banyak sekali di tengah perjalanan mereka banyak yang mundur dan tidak berhasil dengan alasan aku gagal dan tidak bisa memenuhi atau tidak bisa mencapai target yang sudah di targetkan oleh perusahan itu sendiri,begitulah yang sering kita dengar pada umumnya.

Jadi saya ingin menjelaskan bahwa kenapa sebagian orang memiliki kejadian seperti ini,karena bahwa sesungguhnya untuk menjadi seorang marketing itu harus mempunyai modal dan dasar-dasar yg kuat yang terkadang tidak sebagian dasar itu di miliki oleh seorang marketing itu sendiri.

Adapun dasar-dasar atau modal yg harus di miliki seorang marketing adalah sbb:
  1.  Mempunyai kepercayaan diri yg kuat
  2.  Mempunyai kemauan yang keras
  3.  Mental yang kuat,Berani dan tidak pernah putus asa

Di sini saya akan mencoba menjelaskan secara ringkas satu persatu apa itu yang di maksud dengan mempunyai Kepercayaan diri yang kuat,Mental yang kuat,mempunyai kemauan yg keras,Berani dan tidak pernah putus asa.

Yang PERTAMA : Maksud dari Mempunyai kepercayaan diri yg kuat di sini adalah bahwa seorang penjual harus mampu membuang rasa malu dan berani menggenggam prinsip jika berhadapan dengan customer karena pada dasarnya jika kita berhadapan dengan seorang atau beberapa customer, kita tidak seubahnya  seperti seorang guru yg memberi penjelasan kepada muridnya. jadi belajarlah untuk menjadi seorang pembicara yang baik agar apa yang kita sampaikan asyik di dengar dan mudah di mengerti dengan begitu customer akan tertarik dengan apa yang kita tawarkan.

Yang KEDUA : Mempunyai kemauan yang keras, di sini seorang marketing sengaja di tuntut untuk memilikinya karena pada dasarnya sifat ini sangat sedikit di punyai oleh seorang marketing itu sendiri,karena ini adalah sifat dasar yang di miliki dari jiwa seseorang dan terkadang tidak mudah untuk mengangkatnya. jadi apabila seorang marketing memiliki kemauan yang keras maka apa yang ditujukan akan secepatnya di dapat dan targetpun akan di capai secara maximal.

Dan yang terakhir yang KETIGA :  Mental yang kuat,Berani dan tidak pernah putus asa adalah sesuatu yang harus kita perkuat karena pada dasarnya ini adalah menjadi sebuah tantangan yang akan sering kita hadapi di lapangan yaitu pada umumnya sering terjadi penolakan-penolakan yang akan di lakukan oleh customer kita, jadi di sini kita harus berani mempersiapkan diri untuk siap menghadapinya dan jangan pernah takut dan merasa gagal karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan.

Demikianlah tuntunan ini di perbuat semoga ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan sebagai awal untuk kita menuju ketingkat yg lebih dahsyat lagi

SALAM  SEJAHTERA DAN  SALAM  SUKSES BAGI KITA SEMUA